Identity_Bar
Languages:

PPLH Bohorok

Outdoor learning at the bank of Bohorok river

Outdoor learning at the bank of Bohorok River

Didirikan pada tahun 2000, PPLH Bohorok dikembangkan bedasarkan ide Pembangunan Berkelanjutan Kawasan Bohorok atau Bohorok Sustainable Development Programme (BSDP) yang telah dirintis sejak tahun 1995 dan merupakan cikal bakal dibentuknya YEL.

Secara fisik, pembangunan PPLH Bohorok berawal dengan mengambil alih Bukit Lawang Cottage (BLC) di tahun 1998 yang hingga sekarang dikelola dan terus dikembangkan oleh YEL sebagai fasilitas pendidikan lingkungan hidup.

Misi utama didirikannya PPLH Bohorok adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan lingkungan hidup dan segala permasalahannya serta mendorong peran aktif masyarakat dalam pemeliharaannya.

Lebih dari itu, PPLH Bohorok juga berperan aktif dalam mengembangkan program-program pemberdayaan masyarakat berdasarkan jasa-jasa ekosistem dan lingkungan, dengan masyarakat Bohorok sebagai prioritas, di mana mereka hidup berbatasan langsung dengan kawasan konservasi Taman Nasional Gunung Leuser di wilayah Provinsi Sumatera Utara, diantaranya melalui pengembangan ekowisata dan pertanian ekologis.

YEL beserta PPLH Bohorok menyadari bahwa isu pelestarian lingkungan juga terkandung dalam kearifan lokal dan kebudayaan setempat. Oleh karena itu, penyampaian mengenai kebudayaan lokal juga menjadi bagian dari muatan pendidikan lingkungan hidup.

PPLH Bohorok merupakan satu dari 3 PPLH yang didirikan dengan misi yang sama di Indonesia. Kedua PPLH lainnya adalah PPLH Seloliman di Mojokerto, Jawa Timur dan PPLH Puntondo di Sulawesi Selatan.